Profil Sekolah


 
Rekapitulasi Sekolah
SMP N 11 Kota Bengkulu
siswa
0 guru
0 lahan
0 bangunan
0 prasarana
0 jurusan
0 kelas
0 pelajaran
0 ekstrakurikuler
sumber: database SIAP Online
Info Sekolah
SMP N 11 Kota Bengkulu
NPSN 10702522 
NSS
Nama
Alamat
Kodepos
Nomer Telpon
Nomer Faks
Email
Waktu Persekolahan
Akreditasi
Jenjang
Status
Website
sumber: database SIAP Online
logo pendiri sekolah
Info Pendiri Sekolah
SMP N 11 Kota Bengkulu
Nama
Alamat
Kodepos
Nomer Telpon
Nomer Faks
Website
Email
sumber: database SIAP Online


Info SMP Negeri 11 Kota Bengkulu

 

 

A.     ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS SEKOLAH

1.      Lingkungan Geografis

Propinsi  Bengkulu berada pada pesisir barat  Pulau Sumatera. Bardasarkan  letak geografisnya maka  sebagian besar wilayah Bengkulu  berada di pinggir pantai. Bengkulu dilalui deretan pegunungan mediterania yang membujur sepanjang pulau sumatera. Sedangkan Kota Bengkulu berada pada tepian samudera Hindia. Bengkulu  terkenal dengan sebutan Bumi Putri Gading Cempaka dan Bumi Raflesia. Sebagai propinsi yang berdiri pada tahun 1968 bukan merupakan daerah lintas/ transit. Sehingga  perkembangan perekonomiannya tidak begitu siknifikan.

Karena posisi Bengkulu yang berada di tepi pantai yang memanjang dan indah, maka ke depan diharapkan Bengkulu akan menjadi daerah wisata yang sangat memadai jika dikelola dengan baik. SMP Negeri 11 Kota Bengkulu berada di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri  yang ada di Propinsi Bengkulu, yaitu Universitas Bengkulu ( UNIB) yang juga merupakan mitra kerja dibidang peningkatan mutu pendidikan.

Atas dasar hal–hal  di atas,  maka SMP negeri 11 Kota Bengkulu memiliki kewajiban yang mulia untuk senantiasa menyongsong arus globalisasi tersebut serta menjadikan Bengkulu sebagai kota pelajar dan kota wisata.

 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu terletak di Utara Kota Bengkulu, di jalan Bandar Raya Rawa Makmur Kota Bengkulu. SMP Negeri 11 tanahnya yang merupakan dataran tinggi  dengan ketinggian ideal dari permukaan laut menjadikan posisi bangunan SMPN 11 Kota Bengkulu memiliki nilai keindahan tersendiri. Dalam analisa ke depan berdasarkan letak geografis ini  maka SMP Negeri 11 Kota Bengkulu akan menjadi sekolah tujuan dari masyarakat Kota Bengkulu  secara khusus atau Propinsi Bengkulu pada umumnya. SMPN 11 Kota Bengkulu  berada di lokasi yang masih alami dan terhindar dari polusi udara dan suara, sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan proses belajar mengajar,  yang kondusif kondisi geografis SMP Negeri 11 Bengkulu pada waktu  5  tahun yang akan datang sangat menguntungkan karena memiliki tanah yang cukup luas hingga mencapai 15000 m2 yang jika dikelola dengan baik sangat memungkinkan untuk memiliki ruang belajar yang cukup, lapangan olah raga yang memadai, dan lain-lain.

 

2.      Lingkungan Demografis

Masalah pendidikan di Indonesia menjadi masalah yang sangat penting baik dari segi kualitas maupun  dari segi kuantitasnya. Penuntasan wajib belajar 9 tahun masih menjadi sesuatu hal yang harus dicapai. Kita harus lebih memiliki parhatian yang khusus dalam menangani masalah – masalah pendidikan di Indonesia.

Penduduk Propinsi Bengkulu sampai tahun 2008 ini berjumlah 1,95 juta. Suku-suku yang mendiami seantero Bengkulu diantaranya suku Serawai, Rejang, Pasma, Melayu Bengkulu, Lembak, Pekal, Kaur serta ditambah dengan suku – suku pendatang yang lain juga ikut menentukan dinamika Propinsi Bengkulu yaitu suku Jawa, Sunda, Batak, Padang  dan lain-lain.  Penduduk asli  ádalah suku rejang, suku serawai, lembak. Penduduk Bengkulu bersifat heterogin.

Kota Bengkulu memiliki jumlah penduduk 850 ribu jiwa juga merupakan masyarakat yang heterogin, yang terdiri dari berbagai etnis yang berbeda. Demikian pula siswa, Guru, Tata Usaha serta semua warga   SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.

 

3.      Lingkungan Sosial Ekonomi

Berdasarkan kehidupan sosial ekonomi mata pencaharian  penduduk  Kota Bengkulu  terdiri dari Pegawai Negeri, Pengusaha, Nelayan, Petani,  Pedagang dan Buruh.

Rata – rata pendapatan masyarakat Bengkulu  tergolong menengah ke bawah dan berbagai sektor belum berkembang  dengan pesat. Sedangkan di Kota Bengkulu, 70% penduduknya bekerja pada sektor PNS, 20% wiraswasta, 5% buruh tani dan 5% bekerja pada sektor buruh/tani. Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, perekonominya  dapat digambarkan dengan pekerjaan orang tua sebagai berikut:

 

 

Tabel 1. Persentase Pekerjaan Orang Tua Siswa SMP Negeri 11 Kota Bengkulu

NO

PEKERJAAN

PERSENTASE

KET

1

PNS

33,70

 

2

TNI/ POLRI

0,40

 

3

Petani

11,40

 

4

Swasta, Wira swasta

41,20

 

5

Nelayan

7,80

 

6

Buruh

5,60

 

 

Tabel 2. Penghasilan Orang Tua siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu    

NO

PEKERJAAN

PENGHASILAN

KET

1

PNS

Rp.1.500.000 s/d Rp.2.500.000

 

2

TNI/ POLRI

Rp.1.500.000 s/d Rp.2.500.000

 

3

Petani

Rp.400.000    s/d Rp.750.000

 

4

Swasta, Wira swasta

Rp.500.000    s/d Rp.2.000.000

 

5

Nelayan

Rp.600.000    s/d Rp.1.200.000

 

6

Buruh

Rp.600.000    s/d Rp.1.200.000

 

                                   

Tabel 3. Persentase Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu

NO

PENDIDIKAN

PERSENTASE

KET

1

SD

14,28

 

2

SMP

41,91

 

3

SMA

20,4

 

4

DIPLOMA 1

3,19

 

5

SARMUD

1,52

 

6

S 1

17,48

 

7

S 2

6,76

 

8

S 3

0,18

 

 

 

4.      Budaya

Masyarakat Propinsi Bengkulu terdiri dari berbagai etnis, dengan sendirinya menimbulkan budaya yang beraneka ragam. Namun, dengan budaya  yang beraneka ragam tetap bisa beradaptasi dengan budaya asli Bengkulu tanpa menimbulkan konflik kebudayaan. Prinsip “Seiyo Sekato berat sama dipikul ringan sama dijinjing”, selalu dijunjung tinggi oleh masyarakat  Bengkulu.

 
Layanan ini diselenggarakan oleh TELKOM SOLUTION untuk dunia pendidikan di Indonesia. Mari kita majukan
bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna pada dunia pendidikan Indonesia.